Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog
Informasi Tali Lanyard Murah Jakarta

Jasa Pembuatan Tali Lanyard Dengan Kualitas Terbaik Sesuai Dengan Kebutuhan Anda.

Mengenal Jenis Bahan-bahan Sablon dan Fungsinya

myproductionsss - Sekarang, banyak sekali kaos-kaos murah yang dijual, baik itu khas sebuah kota, kaos dengan motif dan gambar tertentu, dan lain sebagainya. Dalam menilai kualitas kaos ini, tak cukup hanya dengan melihat bagian jahitannya saja ya guys.

Kalau kaosnya merupakan sablonan maka wajib banget tau jenis bahan sablon yang dipakai, apakah awet atau tidak. Untuk itulah, kali ini, kita akan membahas jenis-jenis tinta sablon yang awet dan bagus.

Tentu, setiap tinta itu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi saat memutuskan menggunakan tinta, pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan juga budget ya. Yuk, langsung saja ke dalam bahasan.

Jenis Tinta Sablon dan Berbagai Kegunaannya

Tinta Sablon Berbasis Air (Water-based)

Yang pertama adalah tinta sablon water-based atau berbasis air. Tinta ini paling banyak digunakan oleh para pengusaha sablon, karena tidak ribet dan mudah dalam pengaplikasiannya. Water-based sablon ini dibagi dalam beberapa jenis, yakni:

Tinta karet atau tinta rubber ini dikenal sebagai salah satu bahan sablon untuk pakaian yang bahannya katun. Karakteristik utama dari tinta ini adalah tidak mudah pecah dan sangat elastis kalau sudah menempel di kaos.

           Baca Juga : YUK KENALI BERBAGAI JENIS KERTAS  INI SEBELUM MEMULAI BISNIS PERCETAKAN

Kalau dilihat dari kualitasnya, tinta rubber memiliki jenis lagi, dari kasar hingga dengan daya tutup maksimal (halus). Ada beberapa jenis dari tinta rubber ini. Pertama, rubber transparan.

Seperti namanya, ia punya karakteristik yang tembus pandang. Adapun transparan yang didapat adalah dari tumpukan tinta sebelumnya. Karena, rubber transparan biasanya menggunakan 4 layer tinta.

Yang kedua adalah tinta soft-white. Tinta ini digunakan untuk memberi efek grunge atau vintage. Nah, tinta vintage ini digunakan untuk membuat gambar yang punya gradasi atau dinamakan dengan teknik raster.

Yang terakhir ada tinta foaming (tinta timbul). Tinta ini disebut sebagai salah satu tinta yang banyak digunakan dalam dunia penyablonan. Setelah dipress, ia akan mengembang dan timbul.

Tinta Sablon Berbasis Minyak (solvent-base)

Selain tinta water-based, ada pula tinta minyak atau solvent-base yang tak kalah laris. Tinta minyak ini juga dibagi lagi dalam beberapa jenis. Pertama, tinta plastisol, tinta ini merupakan solvent-base dengan kualitas yang tingggi.

Tinta ini lebih mudah kering dan juga menyumbat pori, daya tutup sangat bagus, dan bisa memberi efek timbul. Hanya saja, bayaran untuk tinta ini juga mahal.

Kedua, tinta PVC, yang digunakan untuk sablon di atas bahan kertas, mika, kayu, acrylic, serta PVC. Ketiga, tinta polymate, biasanya untuk sablon pada media plastik.

Saat digunakan, polymate harus dicampur dengan M4 sehingga ia cepat mengering di atas screen-nya.

Tinta Sablon dengan Efek Khusus

Selain water-base dan solvent-base, ada pula jenis tinta yang punya efek tertentu. Bahan-bahan berikut ini digunakan dalam kaos atau pakaian yang dijual di distro khusus atau supermarket, sehingga harganya juga lebih mahal daripada kaos pada umumnya.

Adapun beberapa efek tinta tersebut adalah glow in the dark (yang bisa memberi efek menyala saat gelap), glitters, discharge, elastic blinder, serta foil transfer.

Bahan Sablon dari Latek (Lem untuk Kain)

Yang terakhir, sablon juga bisa dibuat dari latek (lem kain). Hal ini bisa digunakan kalau seseorang mau mendapatkan sablon yang lebih dari satu warna.

Dengan menggunakan lem kain ini, maka objek yang disablon tidak akan bergeser sehingga proses penyablonan akan berjalan dengan lancar. Warna yang didapatpun lebih dari satu, sesuai dengan yang diinginkan.

Nah, setiap bahan di atas tentu punya harga yang berbeda-beda. Semakin customer meminta bahan yang bagus dan tidak cepat luntur, tidak lengket, serta bertahan lama, maka akan semakin besar cost yang harus diberikan. Istilahnya, ada uang ada barang, lah.

Share this post
Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post